Thursday, October 05, 2006

X-oerang dulu dan kini

Kaliurang. Sebuah kawasan wisata alam yang terletak di lereng selatan Gunung Merapi. Disanalah pada hari Kamis Pon, 24 Maret 1977, saya dilahirkan.
Kaliurang adalah kawasan yang bersejarah dan memberikan sumbangan bagi kemerdekaan republik. Disinilah pada tahun 1948 dilaksanakan Konferensi Tiga Negara, sebagai penegasan kedaulatan republik. Disini pula Bung Karno dan Bung Hatta pernah bermukim untuk sementara untuk berkonsolidasi bagi republik.
Kaliurang menurut para sesepuh didirikan oleh bangsawan Belanda sebagai tempat peristirahatan noni-noni londo. Juga oleh bangsawan Kraton Yogyakarta, sebagai tempat petirahan atau peristirahatan raja, permaisuri, dan putra-putri kraton.
Kaliurang sejak tahun 1970-an dikembangkan sebagai kawasan wisata alam. Kaliurang yang masyarakatnya dulu berprofesi sebagai peternak sapi perah dan pertanian, beralih secara masif menjadi pengusaha hotel/penginapan/rumah makan. Namun kedatangan modal tidak bisa dielakkan sehingga muncul hotel dan wisma-wisma skala besar yang dimiliki oleh investor luar. Masyarakat lokal pun mulai terpinggirkan. Kawasan seluas 250 hektar ini penuh oleh hotel dan wisma yang sampai pertengahan tahun 2006 berjumlah sekitar 260 buah. Kaliurang yang dulunya sejuk berubah menjadi kawasan yang crowded dan tidak nyaman lagi, penuh oleh hutan beton.
Kaliurang adalah kawasan resapan dan penyangga kehidupan bagi masyarakat Yogyakarta. Namun fungsi ini kalah oleh kepentingan ekonomi. Kawasan hijau berubah menjadi bangunan hotel, hutan dikonversi menjadi kawasan permukiman, dan seterusnya.
Kaliurang adalah titik kecil dari fenomena yang terjadi di Yogyakarta, dan bahkan Indonesia. Dimana kultur dan ekonomi lokal tergerus secara sistematis dan meluas oleh laju kapitalisasi pembangunan yang menempatkan uang sebagai indikator pembangunan. Dalam hal ini benteng terakhir adalah pada masyarakatnya, khususnya kaum muda. Tidak heran jika masa depan suatu bangsa adalah tercermin pada kaum mudanya. Maka nasib bangsa dan Kaliurang adalah terletak pada sikap dan kepedulian kaum muda, tiada yang lain..

No comments: